Termasuk Fidget Spinner, Ini 8 Mainan yang Berbahaya Bagi Anak

Termasuk Fidget Spinner, Ini 8 Mainan yang Berbahaya Bagi Anak

Termasuk Fidget Spinner, Ini 8 Mainan yang Berbahaya Bagi Anak

Mainan merupakan benda penting bagi anak-anak. Tiap orang tua lazimnya membelikan anak mereka mainan untuk memenuhi hasrat si anak. Namun tak hanya itu, mainan terkadang diberikan orang tua juga untuk tujuan melatih perkembangan motorik buah hati mereka. Untuk itulah diciptakan beragam jenis mainan yang memiliki fungsi dan manfaat masing-masing, selain tentunya menarik agar disukai anak-anak.

Sayangnya, tak semua ragam mainan tergolong aman untuk anak, terutama yang masih berusia dini. Beberapa mainan bahkan dapat mencelakakan sang anak jika dimainkan tanpa pengawasan orang tua. delapan mainan yang dianggap berbahaya bagi anak. Salah satunya adalah mainan yang sedang jadi tren belakangan ini. Apa sajakah?

8 Mainan Ini Berbahaya Bagi Anak

1. Mainan dengan Baling-baling

Helikopter dan berbagai jenis mainan yang menggunakan baling-baling sesungguhnya ditujukan untuk anak usia 10 tahun ke atas. Namun, masih ada saja orang tua yang membelikan mainan tersebut untuk anak di bawah usia 10 tahun. Jika memang ingin, pastikan membeli mainan dengan baling-baling berbahan dasar plastik.

2. Alat-alat Dokter

Dokter-dokteran merupakan salah satu mainan favorit anak-anak. Namun, sebaiknya tetap awasi anak ketika sedang "praktik". Terlebih dengan peralatan yang nyaris menyerupai asli membuat risiko penyalahgunaan oleh si anak meningkat.

3. Pelampung Sayap

Berenang juga merupakan kegiatan favorit anak-anak. Untuk keamanan buah hati, biasanya orang tua memberikan pelampung. Pelampung model sayap ini menjadi salah satu pilihan. Padahal, pelampung jenis ini tergolong tidak aman karena mudah lepas. Di samping itu, beberapa produk membuat pelampung ini dengan bahan mengandung racun.

4. Mainan dengan Baterai

Sesungguhnya tak masalah jika baterai tersebut tetap di dalam mainan. Namun jika si anak telah mempreteli mainannya, pastikan untuk mengamankan baterainya. Karena bentuk baterai yang kecil, mengundang rasa penasaran hingga rasa lapar si anak.

5. Segala Jenis Pistol

Sudah banyak kasus menimpa anak akibat mainan pistol-pistolan. Apapun jenis amunisinya mulai dari peluru karet hingga pistol air sekalipun, pastikan anak-anak bermain dalam pengawasan guna menghindari hal tidak diinginkan.

6. Mainan dengan Magnet

Mainan dengan magnet sendiri sebenarnya direkomendasikan bagi anak usia 14 tahun ke atas. Kecenderungan anak kecil untuk memasukkan apa saja ke dalam mulut menjadi salah satu bahaya yang ditakutkan jika memainkan mainan mengandung magnet.

7. Balon

Apa yang salah dengan balon? Benda yang kerap memeriahkan suasana dengan warna-warninya ini rasanya sangat digemari anak-anak. Namun, suara ledakannya ternyata sangat berbahaya bagi anak. Seperti pada gambar di atas, suara ledakannya bahkan bisa setara dengan gunshot

8. Fidget Spinner

Inilah mainan yang sedang menjadi tren belakangan ini. Cara memainkannya yang sederhana namun membuat "ketagihan", hingga beragam jenis dan model membuat fidget spinner banyak diminati, terlebih oleh anak-anak. Namun, tetap perhatikan si anak kala bermain mainan yang satu ini karena segala macam risiko seperti tergores hingga tertelan mungkin saja terjadi.

Akhir Kata

Itu tadi delapan mainan yang tergologn berbahaya bagi anak-anak. Meskipun sesungguhnya mainan seaman apapun bisa jadi berbahaya jika si anak dibiarkan bebas bermain tanpa adanya pengawasan orang dewasa. Jadi, tetap awasi anak, keponakan, atau siapapun anak-anak yang kita sayangi ya!
Share on Google Plus

About daniel wijaya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.