Tahukah Kamu, Berteman Memiliki Manfaat Kesehatan?

Tahukah Kamu, Berteman Memiliki Manfaat Kesehatan?




\Apa rasanya sehari tanpa teman? Bosan, bingung, atau kesal? Pasti enggak enak banget. Biasanya ada yang menemani ngobrol, jalan, sampai bercerita yang enggak penting.

Memiliki teman, baik sedikit atau banyak, ternyata menyimpan manfaat untuk kesehatan kamu, lho! Apa saja?

1. Mempunyai Banyak Waktu Untuk Tidur

Seorang profesor di University of Chicago bernama John Cacioppo menyelesaikan studi tentang bagaimana hubungan sosial yang bermanfaat adalah yang mempunyai dampak pada kesehatan jiwa.

Menurut Cacioppo, kesepian adalah sumber ketidakbahagiaan. Jika kamu kesepian, kamu akan mulai gusar atau galau pada malam hari. Ada kemungkinan bahwa menjaga jarak dari orang-orang di sekitarmu mungkin mengakibatkan malammu terjaga lebih lama. 

2. Bersantai

Sebenarnya ada bukti dalam bentuk studi psikologisyang membuktikan, jika kamu memiliki bahu untuk menangis dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi tingkat stres kamu.

Menurut pengamatan dari Laura Cousino Klein dan Shelley Taylor , bisa bersandar pada seorang teman ketika melalui masa sulit sebenarnya dapat menguntungkan. Kedua peneliti menemukan bahwa wanita menghasilkan jumlah yang lebih besar dari oksitosin (hormon yang memiliki efek anti-depresan) selama interaksi sosial. 

3. Mengontrol Diri

Jika kamu memiliki teman yag cukup kuat, kamu beruntung. Berada di sekitar orang yang memiliki rasa kemauan yang kuat membuatmu lebih mudah menahan diri. Michelle vanDellen, seorang profesor psikologi di University of Georgia, menjelaskan dalam sebuah studi, orang cenderung untuk bertindak lebih baik saat bersama teman-temannya, karena perilaku mempengaruhi pandangan orang lain.

"Pesan yang dibawa pulang dari studi ini adalah bahwa memilih pengaruh sosial yang positif dapat meningkatkan kontrol diri-mu," katanya. 

4. Mereka meningkatkan rasa milik

Rasa saling memiliki dalam komunitas dapat meningkatkan motivasi, kesehatan dan kebahagiaanmu lebih tinggi, ketika kamu melihat hubungan kamu dengan orang lain, kamu tahu bahwa semua orang berjuang dan memiliki waktu yang sulit, kamu tidak sendirian. Kamu harus merangkul mereka karena mereka membantu kamu hidup lebih kuat dan hidup lebih sehat.
Share on Google Plus

About daniel wijaya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.