Diancam Bom, Pesawat Polandia Mendarat Darurat di Ceko

Diancam Bom, Pesawat Polandia Mendarat Darurat di Ceko


Seorang pria India ditahan petugas ketika turun dari pesawat karena menimbulkan keributan dalam penerbangan. Pria bernama Aftab Ahmed berusia 32 tahun itu membuka paksa pintu darurat saat pesawat tengah mengudara.

Insiden itu terjadi dalam penerbangan AirAsia dari New Delhi menuju Ranchi, ibu kota Provinsi Jharkhand, India.

“AirAsia mengonfirmasi terjadinya insiden yang disebabkan oleh penumpang dalam penerbangan dari New Delhi menuju Ranchi pada tanggal 10 Juli,” demikian pernyataan resmi AirAsia, dikutip AFP.

“Seorang penumpang berusaha membuka pintu darurat, beberapa saat sebelum pesawat mendarat. Dia melukai beberapa penumpang dan kru pesawat yang berusaha menghentikan aksinya,” lanjut AirAsia.

“Saat pesawat mendarat, penumpang tersebut kami serahkan pada petugas keamanan untuk diperiksa lebih lanjut.”

AirAsia tidak memberi pernyataan lebih jauh mengenai motif ataupun kronologi peristiwa yang menyebabkan Ahmed berusaha membuka pintu darurat pesawat di tengah penerbangan.
Adapun Ahmed diketahui merupakan warga Ranchi.

Insiden tersebut terjadi dua bulan setelah India merencanakan penerbitan daftar penumpang dilarang terbang, menyusul insiden politisi yang melecehkan kru kabin.

Kementerian Penerbangan Sipil India mengajukan larangan terbang pada penumpang yang terbagi dalam tiga kategori, yakni melontarkan komentar cabul, pelecehan seksual, perusakan fasilitas pesawat terbang hingga penyerangan yang bisa menghilangkan nyawa.

Bergantung pada besarnya gangguan, penumpang yang termasuk dalam daftar tersebut akan dilarang terbang selama tiga bulan hingga tidak terhingga.

Ravindra Gaikwad, pejabat dari Provinsi Maharashtra menjadi tajuk utama ketika dilaporkan berulang kali melecehkan pramugari Air India.

Sementara pada Februari, penumpang penerbangan murah Indigo, ditahan karena membuka pintu darurat sesaat sebelum pesawat lepas landas.
Share on Google Plus

About daniel wijaya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.