Cara Mudah Membersihkan Kerak pada Oven

Cara Mudah Membersihkan Kerak pada Oven




Setelah oven digunakan, umumnya kebanyakan pengguna malas untuk membersihkannya sebab di anggap tidak begitu kotor. Padahal tumpukan noda serta kotoran yang terdapat di dalam oven dapat menjadikan oven berkarat walaupun tumpukan nodanya hanya sedikit.

Apabila oven Anda kotor, segeralah untuk dibersihkan. Membersihkan oven dari kotoran sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun, apabila caranya salah, maka oven yang Anda miliki akan mudah rusak.

Cara membersihkan oven

Cara membersihkan oven yang paling mudah ialah dengan produk pembersih kimia. Akan tetapi menggunakan pembersih kimia kerap kali membuat lempengan besi pada oven mudah berkarat serta akan meninggalkan aroma tak sedap.

Sebaiknya pakailah bahan pembersih alami, menggunakan bahan pembersih alami tentunya lebih aman, lebih ampuh dan juga memberikan aroma harum salah satunya dengan menggunakan baking soda.

Baking soda merupakan salah satu bahan untuk membuat kue, dan ternyata baking soda pun bisa digunakan sebagai bahan pembersih, salah satunya ialah untuk membersihkan oven. Berikut ini cara membersihkan oven menggunakan baking soda yang dilansir dari situs wikihow.com.

-Pertama, siapkanlah oven yang hendak dibersihkan, Dr hangat, sabun pencuci piring serta baking soda.

-Lepaskanlah rak oven serta rendam ke dalam air hangat yang sudah dicampur sabun pencuci piring. Tunggulah beberapa saat sampai kotoran pada rak oven larut serta mudah dicuci.

-Apabila dirasa sudah larut atau mudah dicuci, selanjutnya cuci rak oven serta sikatlah semua kotoran yang ada hingga benar-benar bersih kemudian keringkan.

-Untuk membersihkan bagian dalam oven, caranya masukkan sekitar 2 sendok makan baking soda ke dalam botol yang mempunyai semprotan. Tambahkanlah sekitar setengah gelas air lalu kocok hingga baking soda larut.

-Semprotkanlah air yang sudah diberi baking soda tersebut ke dalam seluruh sisi bagian dalam oven.

-Diamkan sekitar 1 jam sampai kotoran yang berupa arang maupun sisa kue yang ada di dalam oven terangkat.

-Apabila segala kotoran sudah terangkat, maka bilas dan lap bagian dalam oven menggunakan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat.

-Apabila masih terdapat kotoran yang menempel, semprotkan kembali baking soda serta lakukan pembersihan sampai kotoran yang ada di dalam oven benar-benar terangkat dengan baik dan bersih.

-Apabila bagian dalam oven sudah bersih, maka selanjutnya bersihkanlah bagian luarnya dengan cara yang sama.

-Jika dirasa bagian dalam serta luar oven sudah bersih, rak oven di masukkan kembali.

Harap diingat, ketika membersihkan oven menggunakan baking soda pastikanlah bahwa oven dalam kondisi dingin. Apabila oven yang dibersihkan dalam kondisi panas, hal tersebut dapat melukai Anda serta baking soda dapat menyebar ke mana-mana. Hindari pula untuk tidak menyemprotkan baking soda pada permukaan pintu, sebab dapat menyebabkan baking soda terperangkap di panel kaca serta berbahaya ketika oven dipanaskan.
Share on Google Plus

About daniel wijaya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.