Akankah Harga iPhone 8 Setara dengan MacBook?

Akankah Harga iPhone 8 Setara dengan MacBook?


Seorang pengamat produk Apple memperkirakan harga sebuah iPhone 8 akan setara dengan sebuah MacBook. Ia memprediksi setidaknya iPhone terbaru nanti akan dihargai US$1.200 (sekitar Rp16juta) per unitnya.

John Gruber, pengamat yang terkenal sebagai penggemar berat produk Apple, membuat perhitungan sederhana terkait banderol iPhone 8 dalam situs pribadinya. Menurut Gruber, ada sejumlah aspek yang kemungkinan akan memengaruhi naiknya harga iPhone 8.

Faktor pertama adalah harga komponen perangkat keras yang lebih mahal dari biasanya. Salah satunya adalah pemakaian teknologi OLED untuk layar mereka. Seperti diketahui, Apple dikabarkan meminta LG untuk memasok layar OLED untuk iPhone 8 yang sedang diproduksi.

Alasan berikutnya adalah margin keuntungan yang dipatok oleh Apple dari satu unit iPhone. Apple biasa memasang profit 35-40 persen dari sebuah iPhone baru.

Bahan pertimbangan lain yang kemungkinan diambil oleh Apple adalah tingkat kesulitan produksi iPhone 8 yang melebihi produk-produk sebelumnya. Bahkan sejumlah rumor sudah menyebut Apple sedang mengebut proses produksi agar iPhone 8 bisa diperkenalkan ke publik tepat pada September nanti.

Gruber juga menyebut tren banderol harga iPhone dari waktu ke waktu sebagai faktor berpengaruh yang berikutnya. Ia setidaknya yakin betul bahwa iPhone terbaru berada di atas US$1.000.

Sebab, jika harganya dibawah harga iPhone 7, tentu akan menggerus ponsel yang sudah meluncur lebih dulu itu. iPhone 7 dengan spesifikasi teratas saat ini (256GB) mencapai US$969.

Namun Gruber juga yakin bahwa harga iPhone 8 nanti tak sampai menyentuh angka US$1.500 (sekitar Rp20juta) sebagaimana ia prediksi sebelumnya. Itu sebabnya ia menilai harganya akan jatuh di kisaran US$1.200 hingga US$1.300 dengan variasi lebih mahal sedikit dari perkiraannya.

"Mari kita lihat lebih serius. Harga awal di US$1.500 mungkin terlampau mahal. Tapi aku rasa US$1.200 sangat mungkin sebagai harga awalnya, dengan model paling tinggi di kisaran US$1.300 atau US$1.400," tulis Gruber dalam situsnya pada Jumat (7/7) lalu.

Bila tebakan dari Gruber tepat, harga sebuah iPhone 8 akan setara dengan satu unit MacBook Pro 13 inci terbaru, lengkap dengan prosesor 2,3GHz, RAM 8GB, dan penyimpanan SSD 128GB. Untuk sebuah ponsel cerdas, harga itu bakal melebihi ponsel lainnya.

Kendati demikian, harga di atas masih sebatas prediksi. Terlebih ada kemungkinan ada harga promosi dari operator seluler dalam program bundling.
Share on Google Plus

About daniel wijaya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.