Ubi, Cemilan Rendah Kalori yang Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Ubi, Cemilan Rendah Kalori yang Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan

SEBARKANBERITA


Ubi, Cemilan Rendah Kalori yang Sangat Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Sering dianggap makanan "kampung", ternyata ubi memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Ubi merupakan pilihan yang sehat sebagai camilan karena tidak mengandung gula tambahan dan kalorinya rendah.

Selain itu kita juga akan mendapatkan seratnya.

Meski rasanya manis, tetapi ubi memiliki kandungan yang dapat meningkatkan level adiponektin, hormon pengatur gula darah, dalam tubuh.

Ubi juga memiliki nilai indeks glikemik yang relatif rendah sehingga tidak membuat kadar gula darah meroket setelah makan.

Kadar gula darah yang terkontrol bisa membuat keinginan ngemil berkurang.

Alasan lain mengapa ubi membantu penurunan berat badan adalah kandungan seratnya.
Serat telah terbukti membuat perut lebih lama kenyang.

Dalam satu buah ubi ukuran sekadang terkandung sekitar 4 gram serat.

Manfaat lain dari konsumis ubi adalah adanya kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mata serta kulit, dan juga mengandung antioksidan.

14 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Ubi ungu sangat lezat apalagi dimakan dalam kondisi yang masih hangat. Sebagian orang masih beranggapan kalau ubi ungu adalah makanan kampung. Saat ini, ubi ungu tak hanya dapat diolah menjadi panganan tradisional saja, lho. Tetapi juga dibuat menjadi aneka makanan yang lebih modern seperti puding ubi ungu, nasi ubi ungu, dan brownies ubi ungu.

Kandungan Nutrisi Ubi Ungu

  • Cu (tembaga)
  • lisin
  • K (kalium)
  • Mg (magnesium)
  • Zn (seng)
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Thiamin (vitamin B1)
  • Riboflavin
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Abu
  • Antosianin

Kandungan lisin, Cu, Mg, Zn, dan K dalam ubi ungu rata-rata 20%. Sedangkan untuk antosianin atau pigmen warna ungu kandungannya berbeda-beda antara tanaman ubi yang satu dengan yang lainnya. Tetapi berkisar antara 20 mg/100 g sampai dengan 600 mg/100 g berat basah.

Nah, selain bermanfaat untuk membuat beragam olahan makanan, ternyata ubi ungu juga menyimpan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Apa sajakah? Berikut ini diantaranya :

1. Menyehatkan jantung

Ubi ungu mengandung zat antosianin yang berguna sebagai antioksidan serta melindungi tubuh kita dari kerusakan hati, menghindarkan kita terkena serangan jantung dan stroke.

2. Sumber vitamin A

Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam ubi ungu tergolong tinggi. Vitamin A bermanfaat dalam menjaga mata tetap sehat. Juga bagus untuk kesehatan kulit dan tulang. Kandungan betakaroten dalam ubi ungu akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Dan betakaroten yang telah diubah jadi vitamn A menyediakan 200% kebutuhan vitamin A tubuh dalam satu hari. Selain dari ubi ungu, betakaroten juga bisa diperoleh dari sayuran atau buah-buahan yang memiliki warna oranye, hijau, kuning, dan ungu.

3. Kandungan vitamin C, E, serta beta karoten tinggi

Ketiga nutrisi yang terkandung dalam ubi ungu itu bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Ubi dapat memasok vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh karena dalam ubi tersebut dapat mencukupi sampai 66% kebutuhan vitamin C harian kita. Selain itu ubi memiliki serat yang melimpah. Dan jika kita megkonsumsi ubi bersama dengan kulitnya dapat memberi serat lebih banyak apabila dibanding dengan satu porsi oatmeal.

4. Melancarkan peredaran darah

Yang berperan dalam melancarkan peredaran darah di tubuh adalah pigmen warna ungu yang terkandung di dalam ubi ungu tersebut. Pigmen warna ungu yang memberi warna pada daging ubi ungu dinamakan dengan antosianin. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah pun tidak akan terjadi dan peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

5. Membuat pencernaan jadi lancar

Apakah kandungan dalam ubi ungu yang dapat melancarkan pencernaan? Jawabannya adalah adanya kandungan serat dan pectin. Keduanya berperan dalam menjaga pencernaan dan proses dalam saluran cerna tetap baik. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, bahkan sampai kanker.

6. Baik untuk penderita diabetes

Seperti kita ketahui bahwa penderita diabetes harus menjaga asupan makanan, menghindari makanan yang manis, termasuk juga membatasi konsumsi nasi. Sebagai penggantinya, para penderita diabetes dapat memanfaatkan ubi ungu ini. Rasa yang agak manis, tetap enak sebagai pengganti nasi. Ubi ungu maupun kuning baik untuk penderita diabetes dikarenakan ubi mempunyai tingkat glycemic index atau GI yang lebih sedikit dari roti atau nasi. Angka GI menunjukkan cepat lambatnya suatu makanan dalam menaikkan konsentrasi gula darah dalam tubuh. Karena dampaknya pada gula darah yang cukup kecil, maka ubi ungu ini adalah pilihan yang terbaik bagi orang-orang yang menderita penyakit diabetes.

Pada suatu penelitian yang diadakan oleh University of Vienna, Austria, menunjukkan bahwa orang dengan diabetes mellitus tipe 2 yang makan ubi dalam jumlah banyak, menunjukkan pengurangan paling besar resistensi insulin.

Ubi ungu mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menggantikan nasi. Warna yang cantik, ungu, dapat dipakai sebagai bahan untuk pewarna makanan.

8. Anti bakteri

Aktivitas anti bakteri ubi ungu mencapai 3,2 kali lebih tinggi dibandingkan bermacam jenis blueberry.

9. Mengatasi Asma

Penyakit asma memang tak bisa disembuhkan total, akan tetapi kita dapat mencegah asam yang sering kambuh dengan rutin mengkonsumsi ubi ungu. Asma terjadi karena organ paru yang susah mengembang. Dengan makan ubi ungu secara teratur, maka asma tidak akan sering kambuh lagi.

10. Rendah kalori

Ubi ungu ataupun ubi kuning yang memunyai 112 kalori tanpa lemak dan kolesterol, juga kandungan natrium yang sedikit. Cara pengolahan ubi ungu yang direbus atau dikukus trsebut akan membuanya terasa manis akan tetapi kalorinya tetap rndah.

11. Tambah bobot tubuh

Ubi ungu yang mengandung karbohidrat kompleks dan juga memiliki rasa manis dapat membantu menambah bobot tubuh kita. Tentunya tidak cuma mengkonsumsi ubi ungu secara teratur saja, melainkan juga disertai dengan latihan dan olahraga. Maka otot-otot dapat terbentuk.

12. Anti kanker

Ubi ungu dengan aktivitas antioksidan 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan beragam jenis blueberry tentunya dapat mengendalikan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat selenium dan iodine dalam ubi ungu tersebut 20 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. Jadi dapat bermanfaat sebagai anti kanker.

13. Diolah menjadi bermacam masakan sehat

Masih banyak yang menganggap kalau ubi ungu adalah makanan kampung. Atau cuma bisa diolah menjadi ubi goreng dan ubi rebus. Akan tetapi, sekarang ubi ungu sudah naik kelas. Warna ungunya yang cantik dapat digunakan sebagai pewarna alami. Berbagai macam makanan sehat dapat kita buat dari bahan ubi ungu. Kalau tidak tahu resepnya, bisa lihat di internet. Di sana sangat banyak resep aneka olahan ubi ungu yang lezat dan sehat.

14. Mudah dicerna

Ubi ungu sangat mudah untuk dicerna. Tingginya kandungan zat pati membuat saluran cerna tak perlu bekerja keras dalam mencerna bahan yang satu ini. Karena itulah ubi ungu dapat mengatasi sakit pada perut. Ubi yang berwarna ungu cerah dan apabila dikukus akan menjadi lunak dan terasa manis ini pun mempunyai kandungan serat melimpah, sehingga membuat buang air besar jadi lancar. Sementara kandungan vitamin B, C, A, serta kalsium dan potasium dapat meredakan radang perut karena efek anti radang yang dimilikinya.


photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
 http://adukiukiu.com/
 http://www.inidewa365.org
 https://goo.gl/gPJim5
Share on Google Plus

About sebarkanberita

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.