, Kisah Kakek Penjual Sayur ini Jalan Belasan Kilometer Dan Rela Dibayar Seikhlasnya | Berita Terbaru

Kisah Kakek Penjual Sayur ini Jalan Belasan Kilometer Dan Rela Dibayar Seikhlasnya

Kisah Kakek Penjual Sayur ini Jalan Belasan Kilometer Dan Rela Dibayar Seikhlasnya

SEBARKANBERITA


Kisah Kakek Penjual Sayur ini Jalan Belasan Kilometer Dan Rela Dibayar Seikhlasnya

Kakek tua ini harus berjalan kaki belasan kilometer hanya demi bisa mencapai lokasi tempatnya berjualan sayuran. Setiap hari, lelaki yang akrab disapa Aki Enju ini membutuhkan waktu berjam-jam untuk tiba ke lokasi yang ia trotoal jalan tempatnya berdagang.


Kisah Aki Enju diceritakan oleh akun instagram @ketimbang.ngemis.bandung. Akun tersebut juga memposting foto Aki Enju sedang berjualan sayuran dipinggiran jalan. Lelaki yang memakai peci hitam itu nampak sedang duduk menunggu pembeli.

Berbagai sayuran yang dibawanya dari kampung terlihat masih menumpuk seperti tomat, daun bawang, kangkung hingga buah pisang yang ia simpang di kantong kresek warna putih.

Baca Juga: Inilah Waktu yang Lebih Utama Laksanakan Shalat Dhuha

Diceritakan, Aki Enju berjalan kaki selama lima jam sambil memanggul barang dagangannya.
Setiap pukul 06.00 WIB ia mulai melangkahkan kakinya setapak demi setapak menuju kawasan Gegerkalong tempatnya berjualan. Ia baru bisa tiba dilokasi tempatnya berdagang sekitar pukul 11.00 WIB.

Meski terasa lelah, lelaki yang usianya sudah tidak lagi muda itu harus tetap berjualan demi bertahan hidup. Kondisi kesehatan istrinya pun saat ii sudah sakit-sakitan dan hanya bisa terbaring diatas tempat tidur.

Baca juga : Kisah Kakek Penjual Rempeyek Asal Jogja Ini Menjadi Viral di Media Sosial. Ternyata Ini Sebabnya

Meskipun kelima anaknya yang juga kurang mampu sudah melarang Aki Enju untuk berjualan, Namun ia tetap memaksakan diri untuk berdagang.

"Kalau tidak jualan tidak bisa makan," kata Aki Enju.

Lelaki berjaket hitam dengan garis biru dibagian lengannya ini lahir pada tahun 1912 lalu. Sayuran yang dibawahnya itu merupakan hasil kebun anaknya. Aki Enju pun tidak pernah mematok harga untuk sayuran yang ia jual itu.

Saat ditanya berapa harga tomatnya, beliau jawab:
"Segimana acep aja maunya berapa," kata lelaki yang berasal dari daerah Siliwangi tersebut.

Netizen yang melihat postingan foto ini pun meharuh rasa iba bahkan salut dengan usaha keras Aki Enju meski usianya sudah tidak lagi muda.

"Subhanallah. Lebih baik seperti ini dari pada haruz mengemis dan meminta minta," tulis akun @aprilwulan14

@thities_noor: "Ya Allah sy smpe nangis bca ny...smoga daganganya habis tetis yah aki...kpn ktemu sy beli deh,sayuranya jg bgus2..."

@liaratumakeup : "Ya allah sedihnya klo liat org tua yg sdh renta gini asih nyari nafkah mana jalan kakinya jauh, smoga dagnganya laris manis bnyk rejeki n d beri kesehatan slalu sama allah swt, yg liat mohon d bantu d beli daganganya ya,"

Akun @nillarachmi: "Sayurnya seger2 semua, enak liatnya, kalo deket rumah sudah tak borong itu. Ini apa ga ada open donasi?,"

Malam sahabat KNB, admin dapet info dari dm nih. Yuk yang sekitaran Siliwangi sampai Gegerkalong, kalau ketemu Aki Enju di beli ya sayurannya. Nama beliau aki Enju, secara ga sengaja ketemu beliau di depan rumah di jalan Gegerkalong, beliau jualannya ga tetap, gimana capenya aja kalo jalan dari rumahnya. Kata beliau, rumahnya di daerah Siliwangi (tidak menyebutkan persisnya). Beliau jalan kaki dari rumahnya jam 6 pagi dan baru sampai di Gegerkalong sekitar jam 11an. Beliau kelahiran tahun 1912, masyaAllah aki semangatnya patut di contoh. Beliau punya anak 5, tapi sama2 kurang mampu juga. Barang dagangannya berasal dari kebun anaknya, anak2nya juga udah ngelarang jualan, tp kata beliau kalau tidak jualan tidak bisa makan. Istri beliau pun sudah sakit2an dan tidak bisa bangun dari kasur. Saat ditanya berapa harga tomatnya, beliau jawab "segimana acep aja maunya berapa". Ya ampun aki, semoga dagangannya laris terus dan diberi kesehatan serta rejeki yang cukup ya 🙏 #ketimbangngemisBandung #saynotongemis Donasi ➡➡ Cek Bio CP Line: ketimbangngemisbdg
A photo posted by BANDUNG (@ketimbang.ngemis.bandung) on

 Akun @manique_weddingmakeup berdoa untuk Aki Enju: "Ya Allah Robbi... Berikanlah kesehatan kebahagiaan di dunia dan akhirat buat kakek enju, angkat lah derajat nya ya Allah, mudahkanlah dia dlm mencari rizki,"

Banyak juga netizen yang bertanya lokasi persisnya Aki Enju ini berjulan.
"Bantu jawab @shy.ang : ini deket rmh nenek saya.. tiap pagi nenek saya suka belanja sayur ke si abah.. di sarijadi blo7 deket SDN Sarijadi 7," ujar akun @lailanknew.

Berikut ini kisah lengkap yang ditulis akun @ketimbang.ngemis.bandung yang diposting pada Senin, 23 Kanuari 2017 :

"Malam sahabat KNB, admin dapet info dari dm nih. Yuk yang sekitaran Siliwangi sampai Gegerkalong, kalau ketemu Aki Enju di beli ya sayurannya. Nama beliau aki Enju, secara ga sengaja ketemu beliau di depan rumah di jalan Gegerkalong, beliau jualannya ga tetap, gimana capenya aja kalo jalan dari rumahnya. Kata beliau, rumahnya di daerah Siliwangi (tidak menyebutkan persisnya). Beliau jalan kaki dari rumahnya jam 6 pagi dan baru sampai di Gegerkalong sekitar jam 11an. Beliau kelahiran tahun 1912, masyaAllah aki semangatnya patut di contoh. Beliau punya anak 5, tapi sama2 kurang mampu juga. Barang dagangannya berasal dari kebun anaknya, anak2nya juga udah ngelarang jualan, tp kata beliau kalau tidak jualan tidak bisa makan. Istri beliau pun sudah sakit2an dan tidak bisa bangun dari kasur. Saat ditanya berapa harga tomatnya, beliau jawab "segimana acep aja maunya berapa". Ya ampun aki, semoga dagangannya laris terus dan diberi kesehatan serta rejeki yang cukup ya"


zyngaqq sboqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About beritagosip

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: