, Awas Bahaya Bila Anak-anak Tertelan Mainan "water bead" Ini | Berita Terbaru

Awas Bahaya Bila Anak-anak Tertelan Mainan "water bead" Ini

Awas Bahaya Bila Anak-anak Tertelan Mainan "water bead" Ini


SEBARKANBERITA


Awas Bahaya Bila Anak-anak Tertelan Mainan "water bead" Ini

Seorang dokter di Adelaide mengeluarkan peringatan bahwa mainan water bead yang berbentuk bulat dan bisa membesar di dalam air, bisa mengakibatkan kematian bila ditelan oleh anak-anak.

Seorang bayi perempuan berusia dua tahun baru-baru ini dibawa ke rumah sakit di Adelaide setelah menelan bead tersebut yang dibeli orang tuanya dari pasar.

Bead ini disebut Water Beads, atau Water Balz, bola kecil dari bahan polymer yang bisa mengembang 400 kali lipat dari bentuk aslinya, bila benda tersebut dimasukkan ke dalam air.

Dokter David Moore mengatakan sejauh ini ada empat kasus anak-anak yang menelan bead tersebut yang dilaporkan secara internasional, namun memperkirakan banyak kasus yang tidak dilaporkan.
"Sudah ada satu korban meninggal di Pakistan, di mana bayi berusia enam bulan menelan bead tersebut, bead yang digunakan untuk merangkai bunga." katanya.

Baca juga : Waspadalah Para Ibu , Anak 3 Tahun Tewas Setelah Tertelan Biji Buah Kelengkeng, Awasi Anak Anda Yang Masih Balita Ketika Memakan Buah

"Bentuk aslinya kecil namun bisa mengembang menjadi sebesar bola golf."

Menteri Kesehatan Australia Selatan Jack Snelling mengatakan 'bead' ini biasanya digunakan mempercantik ruangan untuk dtaruh di dalam vas bunga, namun baru-baru ini dipasarkan sebagai  mainan yang bisa membantu anak-anak belajar memperkuat 'penglihatan'.

"Water bead ini berwarna warni dan bisa terlihat seperti permen loli, sehingga sangat menarik bagi anak-anak, sehingga mereka kemudian memasukkan ke dalam mulut." kata Snelling.

Dr Moore  mengatakan bead ini bisa ditelan akan menyebabkan dehidrasi, tersangkut di tenggorokan, muntah-muntah.

"Untungnya anak-anak yang menelan ini tidak menderita efek jangka panjang, namun situasi ini sebenarnya  bisa saja lebih buruk." kata Moore.

 
 
 
  
 


zyngaqq sboqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About beritagosip

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: