, Alasan Polri perbolehkan Kapolda Jabar jadi pembina ormas GMBI | Berita Terbaru

Alasan Polri perbolehkan Kapolda Jabar jadi pembina ormas GMBI

Alasan Polri perbolehkan Kapolda Jabar jadi pembina ormas GMBI

SEBARKANBERITA



Massa Front Pembela Islam (FPI) menuntut Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan, karena menjadi Dewan Pembina Ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Permintaan pencopotan itu usai FPI bentrok dengan GMBI di Bandung, Jawa Barat, beberapa hari lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, ada sejumlah alasan anggota polisi diperbolehkan menjadi pembina sebuah ormas. Hal tersebut merupakan hal yang sah menurut aturan.

"Pembina dimungkinkan, artinya sebagai penasihat. Kepolisian kan boleh dibilang figur dalam masyarakat. Apalagi pemimpin polisinya di situ, dia pasti figur," kata Boy di Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/1).

Boy menjelaskan, setiap warga sipil dan juga aparat penegak hukum memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membina masyarakat agar lebih taat pada hukum. Sehingga, lanjutnya apapun yang dilakukan tak menyimpang dari aturan.

"Memang tujuan besar dari konteks membina itu adalah membina masyarakatnya karena kan kelompok masyarakat ini bisa masyarakat pelajar, mahasiswa, masyarakat yang tergabung dalam keormasan yang punya tujuan-tujuan tertentu," jelasnya.

Boy mengklaim, keterlibatan anggota kepolisian dalam ormas sebagai pembina tidak sedikit manfaatnya. Dapat meningkatkan komunikasi yang intens terhadap masyarakat untuk memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan terhadap masyarakat.

"Tetapi tujuannya bukan dalam konteks kegiatan politik praktis, bisnis mengandung unsur profit. Jadi dia harus memprofit dan harus menjadi kegiatan yang tentunya memberikan kemanfaatan bagi masyarakat," pungkasnya.

zyngaqq sboqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About Poker Pelangi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: