, Pisang Asli Maluku ini Unik Banget. Harganya Juga Jauh Lebih Mahal Loh , Ini Dia Perbedaannya !! | Berita Terbaru

Pisang Asli Maluku ini Unik Banget. Harganya Juga Jauh Lebih Mahal Loh , Ini Dia Perbedaannya !!

Pisang Asli Maluku ini Unik Banget. Harganya Juga Jauh Lebih Mahal Loh , Ini Dia Perbedaannya !!

SEBARKANBERITA


Pisang Asli Maluku ini Unik Banget. Harganya Juga Jauh Lebih Mahal Loh , Ini Dia Perbedaannya !!

Pisang umumnya akan tumbuh menggelantung, tapi tidak dengan pisang yang satu ini. Pisang asal Maluku ini berbeda dari pada yang lainnya. Buahnya tidak menggelantung melainkan menjulang ke langit.

Pisang unik ini disebut dengan nama pisang tongka langit. Nama itu diambil dari pisangnya yang tumbuh menjulang ke langit, sehingga dinamai tongka langit yang artinya mengarah ke langit.

Selain tumbuhnya yang sangat unik, pisang ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dari pisang biasanya. Pohonya pun tumbuh lebih tinggi seperti gedung pencakar langit.


“Buah pisang pada umumnya menggantung, namun kalau buah pisang tongka langit ini justru tumbuh ke atas. Ini merupakan ciri khas dari pisang tongka langit. Pada pisang tongka langit buahnya cenderung lebih besar dengan panjang buah lebih dari 7 cm sesuai dengan musimnya,” ujar Husni, salah satu panitia Festival Buah dan Bunga Nusantara (FBBN) 2016, di Senayan, Sabtu (19/11), seperti dilansir Tim sebarkanberita.com.

Pisang unik ini hanya bisa tumbuh di di Pulau Ambon, Sapurau, Haruku, Nusalaut, dan Seram. Pisang ini akan tumbuh subur pada tanah dengan tekstur liat dengan topografi standar dan bergelombang pada ketinggian 0-400 meter di atas permukaan laut dan kemiringan 4-15 derajat serta tingkat keasaman tanah sekitar 4,5-7,3.

Saat matang pisang ini akan berwarna merah-orange. Dan bisa berbuah sepanjang musim.

Untuk harganya tentu saja pisang ini djual lebih mahal, yaitu Rp 20 ribu per 3 buah pisang. Karena keunikannya ini membuat pisang tongka langit jauh lebih mahal dari pisang biasa.


zyngaqq sboqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About beritagosip

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: