, Inilah Isi Lengkap Pidato Presiden "proses hukum terhadap saudara Basuki Cahaya Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan" | Berita Terbaru

Inilah Isi Lengkap Pidato Presiden "proses hukum terhadap saudara Basuki Cahaya Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan"

Inilah Isi Lengkap Pidato Presiden "proses hukum terhadap saudara Basuki Cahaya Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan"

SEBARKANBERITA


Inilah Isi Lengkap Pidato Presiden "proses hukum terhadap saudara Basuki Cahaya Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan"


Presiden Joko Widodo menyampaikan pendapat terkait unjuk rasa yang serentak di Jakarta dan sejumlah daerah, Jumat (4/11/2016).

Jokowi menggelar jumpa pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (5/11/2016) pukul 00.10 WIB.

Jokowi mengapresiasi dan menghargai unjuk rasa yang berlangsung pada siang hari.

Ia menilai unjuk rasa sudah dilakukan dengan cara-cara yang tertib, damai, dan sesuai dengan iklim negara demokrasi.

"Terima kasih kami sampaikan kepada ulama, kyai, habaib, ustadz yang telah memimpin umatnya yang menyejukan. Sehingga sampai Maghrib berjalan dengan tertib dan damai," ucap Jokowi.


Empat orang jenderal mendampingi presiden ketika menyampaikan keterangan. Mereka adalah Kapori Jenderal Pol Tito Karnavia, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Menko Polhukam Jenderal (Purnawirawan) TNI Wiranto.

Kapolri dan Panglima berdiri di samping kanan presiden, saat berpidati. Sementara Manko Polhukam dan Kepala BIN, serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Selain berterima kasih kepada para ulama yang memimpin demo berjalan baik hingga petang, Presiden menyayangkan keributan yang terjadi pada malam, setelah Isya.

"Kita menyesalkan kejadian ba'da Isya yang harusnya sudah bubar tapi menjadi rusuh. Dan ini sudah ditunggangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," kata Jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta dan mantan Walikota Solo dikutip oleh tim sebarkanberita.com dari Kompas.com.

Unjuk rasa ini memprotes pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diduga menistakan agama.

Berikut ini transkrip/naskah lengkap Pidato Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat (4/11/2016) malam. 

Bismillahirahmanirahim
Assalamu Alaikum Warahmatullahi  Wabarakatuh

Sebagai negara demokrasi, kita menghargai proses penyampaian aspirasi melaui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini. Dengan cara-cara yang tertib dan damai.

Terima kasih, kami sampaikan kepada para ulama, para kiyai, para habaib, para uztad yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan sehingga sampai Magrib tadi berjalan dengan tertib dan damai.

Tapi kita menyesalkan kejadian ba’da isya, yang seharusnya sudah bubar, tetapi menjadi rusuh. Dan ini kita lihat telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

Sebelumnya, saya telah memerintahkan Wakil Presiden untuk menerima perwakilan unjuk rasa yang didampingi Menkopolhukam, Sesneg, Menteri Agama, Kapolri, Panglima TNI, Kepala Staf Kepresidenan, dalam pertemuan itu telah disampaikan bawah proses hukum terhadap saudara Basuki Cahaya Purnama akan dilakukan secara tegas, cepat dan transparan.

Oleh sebab itu, saya minta, para pengunjuk rasa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing, ke daerah masing-masing dengan tertib, biarkan aparat keamanan bekerja menyelesaikan proses penegakan hukum seadil-adilnya.

Terakhir,  saya mengapresiasi kerja keras aparat keamanan yang melakukan pendekatan persuasif, dalam menjaga situasi sehingga tetap kondusif.

Saya harap masyarakat tetap tenang dan menjaga lingkungan masing-masing sehingga situasi tetap aman dan damai.

Terima kasih..
Asssalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

***




zyngaqq sboqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About beritagosip

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: