, Ini Daftar Lengkap Denda Tilang Pelanggar Lalu Lintas | Berita Terbaru

Ini Daftar Lengkap Denda Tilang Pelanggar Lalu Lintas

Ini Daftar Lengkap Denda Tilang Pelanggar Lalu Lintas


SEBARKANBERITA


Ini Daftar Lengkap Denda Tilang Pelanggar Lalu Lintas

Tidak sedikit dari kita yang ternyata bingung soal denda tilang kalau melanggar rambu lalu lintas. Alhasil, kita nurut aja, tuh, sama oknum buat masalah penyelesaiannya.

Ada dua tahap penindakan pelanggaran lalu lintas. Pertama hanya sebatas teguran, nah tindakan kedua adalah tindakan langsung alias tilang.

Jadi biar kita tidak ditipu dan kapok mengulangi, ini dia daftar lengkap denda tilang kalau melanggar rambu lalu lintas.

1. Tidak Memakai Helm


Untuk pelanggaran ini, menurut UU No. 22/2009, pasal 106 ayat (8), pelanggar akan dipidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000

2. Menerobos lampu lalu lintas


Ini juga sering kita lakukan karena alasan macet atau buru-buru untuk sampai ke tempat tujuan.
Tapi hati-hati, kalau kita melakukan pelanggaran ini kita akan dihukum dengan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu, berdasar pada UU No. 22/2009, pasal 287.

3. Motor naik trotoar


Bisa dibilang ini merupakan salah satu pelanggaran yang “ngeselin”. Bagaimana nggak ngeselin, trotoar yang jadi haknya pejalan kaki harus diambil sama para pemotor yang nggak mau sabar dalam macet.


Untuk para pelanggar ini, menurut UU No. 22/2009, pasal 287 ayat (1), akan dikenakan kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

4. Kelengkapan motor


Entah karena hobi modifikasi atau sekedar buat gaya-gayaan, kita pasti sering banget melihat motor-motor yang nggak lengkap.

Seperti nggak ada spion dan batok motor. Nah, kalau ada razia dan kita ketahuan nggak memiliki menggunakan spion, menurut pasal 285 ayat (1), kita akan dijatuhi kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.


zyngaqq sboqq photo AB230x90gif_zps839436ce.gif
Share on Google Plus

About beritagosip

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: